Visi, Misi & Tujuan

Jurusan PAI secara historis telah include dan bersamaan berdirinya Fakultas Tarbiyah cabang IAIN Alauddin Makassar. Oleh karena itu secara historis Jurusan PAI merupakan jurusan tertua di lingkungan IAIN Palu. Jurusan PAI mendidik dan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru PAI di sekolah/madrasah (SD/SMP/SMA/SMK/MA, MTs, MI). Jurusan PAI resmi dibuka berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 11 Tahun 1997 tertanggal 21 Maret 1997 dan saat ini terakreditasi B dari BAN-PT RI.

  • Ketua Jurusan PAI : Sjakir Lobud, S.Ag., M.Pd.
  • Sekertaris Jurusan PAI : Suharnis, S.Ag., M.Ag
  • Motto Jurusan PAI: “Kompetitif, Unggul dan Berkarakter Rabbaniy”

Visi

“Menjadi Program Studi yang Kompetitif dan Unggul di Bidang Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berkarakter Rabbani Tahun 2021”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran inovatif, kreatif dan efektif yang berorientasi pada penguasaan materi dan metodologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berdaya saing, unggul dan berkarakter rabbani.
  2. Menciptakan atmosfir akademik yang mendorong terwujudnya Sarjana Pendidikan Islam yang memiliki kompetensi, daya saing, keunggulan dan memiliki karakter rabbani.
  3. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovatif di bidang pendidikan Islam, khususnya pengembangan kompetensi guru dan metodologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
  4. Mengembangkan dan menyebarluaskan hasil kajian dan riset pendidikan Islam melalui kegiatan akademik dan pengabdian masyarakat yang berbasis religius, edukatif dan berbudaya enterpreneurship.
  5. Menjalin kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, masyarakat dan stakeholders lainnya dalam rangka merancang lulusan yang lebih unggul dan berdaya saing global di bidang metodologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berkarakter rabbani.

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam  yang religius, profesional, kompeten, berdaya saing global dan unggul di bidang pengembangan metodologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
  2. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam yang mampu melakukan pengembangan metodologi pembelajaran.
  3. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam yang memiliki kemampuan analitis kritis dan konstruktif berbasis riset, serta memiliki kemampuan memecahkan problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
  4. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam yang berdedikasi, berbudaya entrepreneurship, religius, edukatif, profesional dan berkarakter rabbani dalam mengembangkan materi dan metodologi pembelajaran Agama Islam baik di bidang pendidikan formal, informal dan nonformal.
  5. Menghasilakn Sarjana Pendidikan Islam yang memiliki kemampuan di bidang hard skill dan soft skill yang berkarakter rabbani dalam membangun kerjasama (net working) dalam pengembangan pendidikan Islam.

Profil Lulusan

Profil Utama

Menjadi Pendidik/Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah/Madrasah (SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK) yang Memiliki Keunggulan Metodologi Pembelajaran dan Berkarakter Rabbani.

Profil Tambahan

  1. Konsultan Pendidikan Islam di Sekolah/Madrasah.
  2. Peneliti di bidang Pendidikan dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
  3. Pembina/Penyuluh Keagamaan di Lembaga Formal dan Nonformal berbasis Edukasi.
  4. Entrepreneur di Bidang Pendidikan (Edupreneurship).